Honda CB150X – Adventure-Touring 150 cc yang Siap Menaklukkan Segala Medan
Meluncur resmi di Indonesia pada akhir 2021, CB150X jadi pionir di segmen sport-adventure 150 cc. Desainnya menyiratkan aura CB500X, namun dalam paket yang lebih ringkas dan lincah—ideal untuk harian maupun turing ringan.
Mesin & Karakter Berkendara
-
150 cc, DOHC 4‑katup, pendingin cairan, dengan injeksi PGM-FI
-
Output: 15,6 PS (11,5 kW) pada 9.000 rpm, torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm
-
Transmisi manual 6‑speed, kopling manual, starter elektrik
-
Performanya responsif di putaran menengah dan mampu mencapai top speed ~114 km/jam, akselerasi 0–200 m dalam 10,9 dtk
Konsumsi BBM sekitar 38 km/l, cocok untuk perjalanan panjang
Rangka & Kaki‑Kaki, Siap Melewati Tantangan
-
Rangka diamond steel (Pro-Link di belakang) memberikan kestabilan
-
Suspensi depan inverted Showa 37 mm dengan 150 mm travel, belakang pro-link
-
Jarak ke tanah 181 mm—siap hadapi jalan berlubang dan gravel ringan
-
Ban tubeless 17″ (100/80 front, 130/70 rear), rem cakram depan-belakang wavy tanpa ABS
Dimensi & Kenyamanan Berkendara
-
Dimensi: 2.031 × 796 × 1.309 mm, wheelbase 1.315 mm
Tinggi jok 817 mm, berat kosong 139 kg
-
Kapasitas tangki 12 L—cukup untuk perjalanan jauh tanpa takut kehabisan BBM Eksterior dilengkapi windscreen tinggi, undercowl petualang, dan handlebar taper yang ergonomis
Fitur Unggulan
-
All-LED lighting lengkap termasuk lampu utama, sein, dan rem belakang
-
Panel meter full digital menampilkan gear position, konsumsi A/B, konsumsi instan, tripmeter, dan jam
-
Suspensi USD Showa memberikan kestabilan tinggi sekaligus kesan gagah
-
Undercowl melindungi mesin dari batu dan lumpur
Pilihan Warna & Varian
-
Mandala Red, Amazon Matte Green, dan Volcano Matte Black (SE)
-
Varian SE hadir dengan striping emas di handlebar dan velg chrome
Harga OTR Jakarta & Surabaya (2025)
-
CB150X STD: Rp 34,702 juta
CB150X SE: Rp 35,212 juta
-
Estimasi di dealer lain Jakarta Rp 35,1 juta
Kelebihan Utama
-
Posisi berkendara nyaman & tegak, ideal untuk turing jauh
-
Suspensi USD + handling lincah, mampu melibas kondisi jalan sulit
-
Digital panel lengkap, teknologi modern di kelas harga kompetitif
-
Mesin bertenaga dan cukup irit, tax: 38 km/l—pas untuk perjalanan jauh
Kekurangan yang Perlu Diperhatikan
-
Tanpa ABS – poin minus di kelas adventure touring
-
Jok sempit dan keras – kurang nyaman untuk ratusan km per hari
-
Tinggi jok 817 mm – agak tinggi untuk rider <165 cm
-
Mini bagasi – tidak ada ruang helm, perlu pajang tambahan seperti top‑box atau panniers
Komentar
Posting Komentar