Honda CB150X – Adventure-Touring 150 cc yang Siap Menaklukkan Segala Medan

Meluncur resmi di Indonesia pada akhir 2021, CB150X jadi pionir di segmen sport-adventure 150 cc. Desainnya menyiratkan aura CB500X, namun dalam paket yang lebih ringkas dan lincah—ideal untuk harian maupun turing ringan.


Mesin & Karakter Berkendara

  • 150 cc, DOHC 4‑katup, pendingin cairan, dengan injeksi PGM-FI

  • Output: 15,6 PS (11,5 kW) pada 9.000 rpm, torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm 

  • Transmisi manual 6‑speed, kopling manual, starter elektrik

  • Performanya responsif di putaran menengah dan mampu mencapai top speed ~114 km/jam, akselerasi 0–200 m dalam 10,9 dtk 

  • Konsumsi BBM sekitar 38 km/l, cocok untuk perjalanan panjang 


Rangka & Kaki‑Kaki, Siap Melewati Tantangan

  • Rangka diamond steel (Pro-Link di belakang) memberikan kestabilan 

  • Suspensi depan inverted Showa 37 mm dengan 150 mm travel, belakang pro-link 

  • Jarak ke tanah 181 mm—siap hadapi jalan berlubang dan gravel ringan 

  • Ban tubeless 17″ (100/80 front, 130/70 rear), rem cakram depan-belakang wavy tanpa ABS 


Dimensi & Kenyamanan Berkendara

  • Dimensi: 2.031 × 796 × 1.309 mm, wheelbase 1.315 mm 

  • Tinggi jok 817 mm, berat kosong 139 kg 

  • Kapasitas tangki 12 L—cukup untuk perjalanan jauh tanpa takut kehabisan BBM Eksterior dilengkapi windscreen tinggi, undercowl petualang, dan handlebar taper yang ergonomis 


Fitur Unggulan

  • All-LED lighting lengkap termasuk lampu utama, sein, dan rem belakang 

  • Panel meter full digital menampilkan gear position, konsumsi A/B, konsumsi instan, tripmeter, dan jam

  • Suspensi USD Showa memberikan kestabilan tinggi sekaligus kesan gagah 

  • Undercowl melindungi mesin dari batu dan lumpur 


Pilihan Warna & Varian

  • Mandala Red, Amazon Matte Green, dan Volcano Matte Black (SE) 

  • Varian SE hadir dengan striping emas di handlebar dan velg chrome


Harga OTR Jakarta & Surabaya (2025)

  • CB150X STD: Rp 34,702 juta 

  • CB150X SE: Rp 35,212 juta 

  • Estimasi di dealer lain Jakarta Rp 35,1 juta 


Kelebihan Utama

  1. Posisi berkendara nyaman & tegak, ideal untuk turing jauh 

  2. Suspensi USD + handling lincah, mampu melibas kondisi jalan sulit

  3. Digital panel lengkap, teknologi modern di kelas harga kompetitif 

  4. Mesin bertenaga dan cukup irit, tax: 38 km/l—pas untuk perjalanan jauh 


Kekurangan yang Perlu Diperhatikan

  • Tanpa ABS – poin minus di kelas adventure touring 

  • Jok sempit dan keras – kurang nyaman untuk ratusan km per hari

  • Tinggi jok 817 mm – agak tinggi untuk rider <165 cm 

  • Mini bagasi – tidak ada ruang helm, perlu pajang tambahan seperti top‑box atau panniers


Video:



Sumber Referensi:

Komentar